Report Pertemuan ke 13
Hari, Senin 20 Mei 2013
Universitas Negeri Jakarta, Senin, 20 Mei
2013. Ini adalah pertemuan ke tiga belas mata kuliah Manajemen Pemasaran,
bersama dosen kami Dr. Amril Muhammad, S.E, M,pd. Pertemuan kali ini merupakan
presentasi kelompok sebelas, kelompok sebelas akan membahas mengenai Perilaku
Pelanggan. Presentasi kelompok kali ini sama seperti presentasi sebelumnya
yaitu paparan didepan kelas. Setelah paparan kelompok selesai pak Amril akan
menambahkan materi yang dipaparkan kelompok.
Sebelum masuk lebih jauh materi ini
kita harus mengetahui definisi dari perilaku konsumen (pelanggan) itu sendiri. Perilaku konsumen menurut Winardi adalah
perilaku yang ditunjukkan oleh orang-orang dalam merencanakan, membeli, dan
menggunakan barang-barang ekonomi jasa. Sedangkan, menurut Mullen dan Johnson
perilaku konsumen adalah pengkajian dari perilaku manusia sehari-hari. Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu: (1) Kebudayaan
berkaitan dengan kebudayaan atau unsur-unsur budaya yang ada dimasyarakat. (2) Sosial berkaitan dengan keluarga, peran
dan status. (3) Pribadi berkaitan dengan usia, pekerjaan, gaya hidup, dan
lain-lain. (4) Psikologis berkaitan dengan motivasi, persepsi, dan kepercayaan
diri.
Model perilaku konsumen sendiri
dibagi menjadi tiga yaitu: (1) Rangsangan
pemasar berkaitan dengan produk, harga, tempat promosi, dan bagaimana cara
mempromosikannya. (2) Rangsangan lain
berkaitan dengan ekonomi, teknologi, politik, dan kebudayaan. (3) Kotak hitam pembeli berkaitan dengan
karakteristik pembeli dan proses keputusan pembeli. Disinilah tugas produsen
untuk mengetahui perilaku konsumen karena setiap konsumen pasti memiliki
pandangan dan selera yang berbeda terhadap suatu produk. (4) Tanggapan
pembeli berkaitan dengan pilihan produk, pilihan merek, jumlah penyalurnya,
dan memilih pemasok.
Perilaku konsumen mendapat pengaruh
dari eksternal dan internal, pengaruh internal berupa kebutuhan, keinginan,
konsep diri (fisik, sosial, mental, dan religi), daya beli. Pengaruh eksternal
berupa ekonomi, demografi, sosiologis, politik, iptek, lingkungan ekonomi.
Kebutuhan setiap orang pasti berbeda menurut maslow tingkatan ada 5 tingkatan mulai dari fisik,
aman, hingga aktualisasi diri. Satu contoh ketika
seseorang hanya membutuhkan kebutuhan fisik maka yang dia butuhkan hanya makan
tidak membutuhkan hal-hal lain dan dia tidak peduli dengan kebutuhan lain yang
memang tidak dibutuhkan saat itu.
Jenis
perilaku pembelian sendiri ada dua yaitu: (1) Perbedaan merek yang signifikan berkaitan dengan keterlibatan
tinggi (perilaku pembelian kompleks) dan keterlibatan rendah (perilaku
pembelian mencari variasi). (2) Sedikit
perbedaan merek berkaitan dengan keterlibatan tinggi (perilaku pembelian
mengurangi disonasi ketidaksesuaian) dan keterlibatan rendah (perilaku
pembelian berdasarkan kebiasaan). Ada beberapa metode dalam meneliti pembelian
yaitu: metode introspektif adalah pembeli mengintrospeksi dirinya sendiri,
metode retrospektif adalah produsen mmelakukan wawancara sejumlah kecil
pembeli, metode prosfektif adalah mencari konsumen yang merencanakan untuk
membeli produknya dan meminta mereka untuk memikirkan bagaimana mereka melewati
proses pembelian, dan yang terakhir metode preskriptik adalah meminta konsumen
untuk menjelaskan cara yang ideal untuk membeli suatu produk.
Peran
dalam pembelian sendiri ada lima yaitu: pencetus ide adalah mengusulkan ide
untuk membeli produk jasa, pemberi
pengaruh adalah pendapatnya mempengaruhi keputusan pembeli, pengambil keputusan adalah memutuskan
setiap komponen dalam keputusan pembelian, pembeli
adalah seseorang yang melakukan pembelian sebenarnya, dan pemakai adalah seseorang yang mengkonsumsi atau menggunakan produk
atau jasa tersebut. Kemudian, yang terakhir adalah proses keputusan pembeli
dimulai dari pengenalan masalah lalu pencarian informasi, perilaku purna beli,
evaluasi alternatif, sampai akhirnya pada keputusan pembelian.
Sekian
report saya untuk mata kuliah manajemen pemasaran hari senin 20 mei 2013.
Nisa Indriani
1445115216
Manajemen Pendidikan nonreg 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar