Selasa, 07 Mei 2013

Promotion (Promosi)


Report Pertemuan ke 11
Hari, Senin 6 Mei 2013

Universitas Negeri Jakarta, Senin, 6 Mei 2013. Ini adalah pertemuan kesebelas mata kuliah Manajemen Pemasaran, bersama dosen kami Dr. Amril Muhammad, S.E, M,pd. Pertemuan kali ini merupakan presentasi kelompok sembilan, kelompok sembilan akan membahas mengenai Promotion (promosi) Presentasi kelompok kali ini berbeda dengan presentasi kelompok sebelumnya, kelompok ini presentasi didalam kelas, dengan membentuk kelompok-kelompok kecil, dan setiap kelompok-kelompok kecil dipandu oleh salah satu anggota kelompok sembilan yang presentasi.  

Promosi merupakan kegiatan yang termasuk penting ketika produk (barang atau jasa) telah siap diluncurkan kepasaran, maka dilakukanlah kegiatan promosi agar konsumen dapat tertarik dengan produk kita. Promosi  sendiri termasuk salah satu unsur dalam bauran pemasaran (marketing mix) dari tujuh unsur bauran yang ada. Lalu apakah promosi itu sendiri? Promosi adalah kegiatan memasarkan suatu produk (barang atau jasa) dengan menggunakan sarana promotion mix (iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan personal). 

Berikut penjabaran promotion mix secara lebih rinci: Pertama, iklan. iklan merupakan bentuk komunikasi bukan pribadi yang dijalankan melalui usaha yang dibayar. Dalam iklan ada lima langkah yang dilakukan yaitu: (1) Menetapkan sasaran (segmen dan target pasar). Iklan sendiri ada yang bersifat informatif yaitu memberikan informasi, persuasif yaitu berupa ajakan, periklanan, dan peringatan contoh nya pada iklan rokok biasanya ada peringatan bila merokok akan menyebabkan sakit kanker dan sebagainya. (2) Membuat keputusan anggaran, dalam membuat sebuah iklan pasti ada budget yang harus dikeluarkan maka penting dibuatnya suatu perencanaan dan memutuskan anggaran yang matang, tentunya diharapkan dengan budget yang tidak terlalu besar tetapi sampai pesan iklannya terhadap konsumen. (3) Membuat keputusan untuk pesan iklan, ada tiga tahap yaitu: pembangkitan pesan, evaluasi dan pemilihan pesan, dan penyampaian pesan. (4) Evaluasi periklanan, hal ini dapat dilakukan dengan cara tanya langsung kepada konsumen atau melakukan survey. (5) Pelaksanaan.

Kedua, promosi penjualan, tujuan dilakukannya promosi penjualan  untuk merangsang tanggapan pasar yang lebih kuat. Ada lima langkah dalam promosi penjualan yaitu: (1) Menyusun promosi penjualan contohnya: memberikan paket harga, memberikan promo produk dengan buy 1 get 1 dan lain-lain. (2) Menyeleksi alat-alat promosi penjualan. (3) Mengembangkan program penjualan, hal ini dengan memutuskan untung rugi dalam penjualan. (4) Melaksanakan program promosi penjualan. (5) Mengevaluasi hasil promosi penjualan. 

Ketiga, publisitas, publisitas biasanya dilakukan oleh bagian humas. Ada empat langkah dalam publisitas yaitu : (1) Menyusun tujuan publisitas. (2) Memilih pesan dan median publisitas. (3) Melaksanakan rencana publisitas. (5) Mengevaluasi hasil publisitas. Keempat, Penjualan personal. Ada enam langkah dalam penjualan personal yaitu: (1) Menetapkan tujuan gugus penjualan. (2) Merancang strategi, jumlah bagi gugus penjualan. (3) Menarik dan mengevaluasi wiraniaga. (4) Melatih wiraniaga. (5) Mengawasi wiraniaga. (6) Mengevaluasi wiraniaga. 

Tujuan dilakukannya promosi adalah supaya konsumen tertarik terhdap produk yang dibuat, ketika konsumen tertarik dengan produk yang dibuat maka konsumen tersebut akan penasaran dan membeli atau menggunakan produk tersebut. Promosi juga dapat memperkenalkan atau membuat image terhadap produk yang dibuat dengan menampilkan keunggulan dan perbedaan produk yang dibuat dengan produk pesaing lainnya, contoh: iklan pepsodent yang ditampilkan dalam iklan tersebut bukan hanya semata-mata pada produknya tetapi ada image atau pesan yang disampaikan yaitu berkaitan dengan kesehatan gigi, jika kita menggosok gigi setiap hari maka gigi kita akan sehat dan putih bersih apalagi dengan menggunakan produk yang telah terjamin.

 Semakin banyak konsumen yang membeli produk kita maka akan mendapatkan laba (keuntungan) dari hasil penjualan, hal ini merupakan contoh dalam hal produk barang jika dalam jasa pendidikan promosi yang dapat dilakukan mungkin dengan melalui humas, alumni-alumni dengan membangun suatu jaringan (link) yang baik terhadap sekolah-sekolah atau masyarakat, bisa juga dengan mengadakan  open house, dan sebagainya. Beberapa faktor yang mungkin harus diperhatikan dalam melakukan promosi yaitu: menentukan target pasar (segmen pasarnya) berkaitan dengan sasaran penjualannya, tentukan tujuan dari promosi tersebut, kembangkan pesan yang akan disampaikan dalam promosi, dan pilih komunikasi seperti apa yang akan digunakan dalam melakukan promosi. 

Sekian report saya untuk manajemen pemasaran pada hari Senin, 6 Mei 2013.

Nisa Indriani
1445115216
Mp non reguler 2011 

Tidak ada komentar: