Report Pertemuan ke 11
Hari, Senin 6 Mei 2013
Universitas Negeri Jakarta, Senin, 6 Mei 2013.
Ini adalah pertemuan kesebelas mata kuliah Manajemen Pemasaran, bersama dosen
kami Dr. Amril Muhammad, S.E,
M,pd. Pertemuan kali ini merupakan presentasi kelompok sembilan, kelompok sembilan
akan membahas mengenai Promotion (promosi) Presentasi kelompok kali
ini berbeda dengan presentasi kelompok sebelumnya, kelompok ini presentasi
didalam kelas, dengan membentuk kelompok-kelompok kecil, dan setiap
kelompok-kelompok kecil dipandu oleh salah satu anggota kelompok sembilan yang
presentasi.
Promosi
merupakan kegiatan yang termasuk penting ketika produk (barang atau jasa) telah
siap diluncurkan kepasaran, maka dilakukanlah kegiatan promosi agar konsumen
dapat tertarik dengan produk kita. Promosi
sendiri termasuk salah satu unsur dalam bauran pemasaran (marketing mix) dari tujuh unsur bauran
yang ada. Lalu apakah promosi itu sendiri? Promosi
adalah kegiatan memasarkan suatu
produk (barang atau jasa) dengan menggunakan sarana promotion mix (iklan, promosi penjualan, publisitas, dan penjualan
personal).
Berikut
penjabaran promotion mix secara lebih
rinci: Pertama, iklan. iklan merupakan bentuk komunikasi bukan
pribadi yang dijalankan melalui usaha yang dibayar. Dalam iklan ada lima
langkah yang dilakukan yaitu: (1) Menetapkan sasaran (segmen dan target pasar).
Iklan sendiri ada yang bersifat informatif yaitu memberikan informasi, persuasif
yaitu berupa ajakan, periklanan, dan peringatan contoh nya pada iklan rokok
biasanya ada peringatan bila merokok akan menyebabkan sakit kanker dan
sebagainya. (2) Membuat keputusan anggaran, dalam membuat sebuah iklan pasti
ada budget yang harus dikeluarkan
maka penting dibuatnya suatu perencanaan dan memutuskan anggaran yang matang,
tentunya diharapkan dengan budget yang
tidak terlalu besar tetapi sampai pesan iklannya terhadap konsumen. (3) Membuat
keputusan untuk pesan iklan, ada tiga tahap yaitu: pembangkitan pesan, evaluasi
dan pemilihan pesan, dan penyampaian pesan. (4) Evaluasi periklanan, hal ini
dapat dilakukan dengan cara tanya langsung kepada konsumen atau melakukan
survey. (5) Pelaksanaan.
Kedua, promosi penjualan, tujuan dilakukannya
promosi penjualan untuk merangsang
tanggapan pasar yang lebih kuat. Ada lima langkah dalam promosi penjualan
yaitu: (1) Menyusun promosi penjualan contohnya: memberikan paket harga,
memberikan promo produk dengan buy 1 get
1 dan lain-lain. (2) Menyeleksi
alat-alat promosi penjualan. (3) Mengembangkan program penjualan, hal ini
dengan memutuskan untung rugi dalam penjualan. (4) Melaksanakan program promosi
penjualan. (5) Mengevaluasi hasil promosi penjualan.
Ketiga, publisitas, publisitas biasanya
dilakukan oleh bagian humas. Ada empat langkah dalam publisitas yaitu : (1)
Menyusun tujuan publisitas. (2) Memilih pesan dan median publisitas. (3)
Melaksanakan rencana publisitas. (5) Mengevaluasi hasil publisitas. Keempat, Penjualan personal. Ada enam langkah dalam penjualan personal
yaitu: (1) Menetapkan tujuan gugus penjualan. (2) Merancang strategi, jumlah
bagi gugus penjualan. (3) Menarik dan mengevaluasi wiraniaga. (4) Melatih
wiraniaga. (5) Mengawasi wiraniaga. (6) Mengevaluasi wiraniaga.
Tujuan
dilakukannya promosi adalah supaya konsumen tertarik terhdap produk yang dibuat,
ketika konsumen tertarik dengan produk yang dibuat maka konsumen tersebut akan
penasaran dan membeli atau menggunakan produk tersebut. Promosi juga dapat
memperkenalkan atau membuat image terhadap
produk yang dibuat dengan menampilkan keunggulan dan perbedaan produk yang
dibuat dengan produk pesaing lainnya, contoh: iklan pepsodent yang ditampilkan dalam iklan tersebut bukan hanya
semata-mata pada produknya tetapi ada image
atau pesan yang disampaikan yaitu berkaitan dengan kesehatan gigi, jika kita
menggosok gigi setiap hari maka gigi kita akan sehat dan putih bersih apalagi
dengan menggunakan produk yang telah terjamin.
Semakin banyak konsumen yang membeli produk
kita maka akan mendapatkan laba (keuntungan) dari hasil penjualan, hal ini
merupakan contoh dalam hal produk barang jika dalam jasa pendidikan promosi
yang dapat dilakukan mungkin dengan melalui humas, alumni-alumni dengan
membangun suatu jaringan (link) yang
baik terhadap sekolah-sekolah atau masyarakat, bisa juga dengan mengadakan open
house, dan sebagainya. Beberapa faktor yang mungkin harus diperhatikan
dalam melakukan promosi yaitu: menentukan target pasar (segmen pasarnya)
berkaitan dengan sasaran penjualannya, tentukan tujuan dari promosi tersebut,
kembangkan pesan yang akan disampaikan dalam promosi, dan pilih komunikasi
seperti apa yang akan digunakan dalam melakukan promosi.
Sekian report saya untuk manajemen
pemasaran pada hari Senin, 6 Mei 2013.
Nisa Indriani
1445115216
Mp non reguler 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar