Sabtu, 09 Maret 2013

Bisnis Jasa Pendidikan atau Pengembangan SDM


Nama             : Nisa Indriani
No. Reg         : 1445115216
Manajemen Pendidikan nonreg 2011



Nama bisnis yang mungkin akan saya buat adalah  Educations Smart Center (ESC) bimbel, bisnis ini bergerak dibidang jasa pendidikan tepatnya dibidang bimbingan belajar, seperti yang diketahui sudah banyak lembaga bimbel diluar sana tapi lembaga bimbel ESC ini memiliki ciri yang berbeda, dengan menggunakan segmentasi pasar melalui empat pendekatan yaitu demografis, geografis, psikografis, dan behavioristik serta untuk target sendiri dengan menggunakan pendekatan concetrated marketing. Pendekatan tersebut akan diaplikasikan pertama dari segi geografis kita akan melihat tempat yang strategis untuk berdirinya lembaga bimbel ini, karena ini lembaga bimbel yang masih baru maka untuk saat ini lembaga bimbel ini akan berdiri didaerah Jakarta, tepatnya daerah Jakarta Selatan mungkin kedepannya jika sudah ada kemajuan akan didikan didaerah lain, memilih daerah Jakarta Selatan karena perkembangan daerah tersebut cukup baik, banyak juga sekolah-sekolah bagus didareah tersebut, tapi kita akan tetap melakukan analisis lingkungan telebih utuk tempatnya, bimbel ini akan didirikan dilokasi yang mudah diakses khususnya dengan transportasi apa pun. Lalu untuk dari segi demografisnya, untuk saat ini target bimbel ESC untuk siswa SD dan SMP.  

Dari aspek psikografisnya sendiri bimbel ini masuk untuk semua kalangan karena biaya nya yang terjangkau tapi tetap memberikan pelayanan yang terbaik, mulai dari manajemen lembaga bimbelnya, tenaga pengajar yang minimal S1 dan sudah memiliki pengalaman, dan serta fasilitas yang cukup guna menunjang proses pembelajaran seperti ruang kelas, LCD, AC ruangan serta wifi, dan dari segi behavioristik sendiri bagaimana kita sebagai pengelola bimbel membuat masyarakat tertarik terhadap kelebihan dari tempat bimbel ini. Untuk concetrated marketing tempat bimbel ini memfokuskan sesuai dengan program-program pembelajaran yang sudah ada, sesuai dengan target, visi, dan tujuan dari tempat bimbel ini. Bimbel ini akan menawarkan proses pembelajaran yang menarik, sebelum dimulainya proses pembelajaran akan diadakan ice breaking (pemanasan) agar murid-murid tetap semangat dalam mengikuti proses pembelajaran karena durasi pembelajaran 2 jam 30 menit setiap pertemuan, dan pertemuan dilakukan 3 kali dalam seminggu. Selama proses pembelajaran, setelah diberi penjelasan, maka tenaga pengajar akan memberikan games yang berkaitan dengan materi pembelajaran hal tersebut ditujukan untuk mengurangi kejenuhan siswa, jam istirahat juga ada selama 20 menit. 

Setiap 2 atau 3 bulan sekali mungkin akan diakadakan pembelajaran outdoor atau jika memungkinkan diakadakan study tour  ketempat-tempat yang berkaitan dengan pembelajaran seperti museum dan sebagainya, karena siswa juga harus mengetahui dunia luar, untuk study tour mungkin akan dikenakan sedikit biaya untuk transportasi, tapi ada siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan study tour  tidak masalah. Dibimbel ini juga ada sesi konsultasi, sesi konsultasi ditujukan kepada siswa yang mungkin masih kurang paham dengan materi yang diajarkan, atau menghadapi kendala selama proses pembelajaran, maka siswa dapat membicarakan disesi konsultasi karena tenaga pengajar siap untuk membantu siswa. Promosi yang dilakukan lembaga bimbel ini pun beragam, bisa jadi pergi kesekolah-sekolah karena sebelumnya kita harus membangun link agar lebih mudah serta promosi dilakukan melalui media sosial seperti website, facebook, twitter, dan sebagainya. 

Saya rasa bisnis bimbel ini akan berkembang karena, dijaman sekarang ini sangat dibutuhkan lembaga bimbel seperti ini, mungkin banyak lembaga bimbel lain tapi kita harus memiliki ciri yang membedakan dengan bimbel lainnya. Maka kita harus memiliki target misalnya nilai siswa disekolah meningkat karena kita akan mendata nilai setiap siswa serta dilihat ada kemajuan atau tidak, jika tidak mungkin kita akan melakukan pendekatan terhadap siswa tersebut dan bertanya apa kendala yang dihadapi sehingga nilainya tidak meningkat,  tidak hanya penawaran tapi dalam bentuk nyata karena bimbel ini membantu generasi masa depan bangsa agar sukses dan berprestasi karena itu merupakan salah satu visi dan tujuan dari ESC.

Tidak ada komentar: