Nama : Nisa Indriani
No.reg :
1445115216
Strategi
merupakan langkah pertama yang harus dilakukan dalam perumusan strategic marketing. Ada tiga elemen
dalam legacy marketing yaitu:
segmentasi, targeting, dan promosi. Namun, kali ini akan membahas perbedaan
antara segmentasi dan targeting. Segmentasi adalah usaha untuk mengelompokkan pasar,
dari pasar yang bersifat heterogen, menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki
sifat homogen. Segmentasi disebut juga mapping
strategy karena disini kita melakukan pemetaan pasar. Pemetaan pasar
merupakan suatu proses kreatif, karena kita harus memiliki ciri yang membedakan
produk kita dengan pesaing. Segmentasi pasar juga dilakukan untuk memahami pelanggan
atau costumer. Contohnya: PepsiCo salah
satu perusahaan makanan ringan dari luar negeri, perusahaan sadar tidak semua konsumen
memiliki selera yang sama, maka perusahaan tersebut membuat makanan ringan
dengan berbeda rasa misal: untuk wilayah Asia Tenggara perusahaan tersebut
membuat kripik atau kudapan rasa cumi-cumi, untuk negara lain seperti Hungaria dan
Polandia membuat kripik kudapan dengan rasa paprika.
Sedangkan,
Targeting adalah cara mengalokasikan sumber daya
perusahaan secara efektif, yaitu dengan memilih target market yang tepat.
Targeting disebut sebagai fitting strategy
karena kita menyamakan sumber daya perusahaan Anda dengan kebutuhan target
pasar yang dipilih. Targeting juga dimana kita menargetkan atau membidik
sasaran yang telah dianalisa di segmentasi pasar. Dalam targeting kita juga
harus tahu bagaimana cara untuk melakukan promosi yang tepat untuk produk yang
kita produksi. Misalnya: barang-barang mewah seperti merek tas Louis Vuitton,
atau mungkin tas merek Gucci, pemasar atau pembuat produk memasarkan produknya
tersebut ke mall-mall yang berkelas seperti Plaza Senayan, bukan dijual ditempat
yang menengah, karena mereka sudah memiliki target supaya yang membeli tas-tas
tersebut adalah orang-orang atau konsumen yang memiliki ekonomi kelas atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar